Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti

Posted on

Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti – Apakah Kamu menggunakan peluncur di smartphone Kamu dan kemudian kinerja Android terhambat? Jika ya, mungkin Kamu harus bisa menggunakan tips ini untuk menyiasatinya.

Android memiliki sistem peluncur untuk menjalankan menu. Launcher memiliki user interface yang menjadi theme di Android.

Keberadaan launcher sangat penting sehingga jika terjadi error pada launcher bisa membuat menu tidak bisa muncul.

Kesalahan pada peluncur ditandai dengan pemberitahuan yang mengatakan “Sayangnya peluncur telah berhenti”.

Kesalahan ini dapat memengaruhi fungsi lain sehingga Kamu harus tahu cara memperbaiki “Sayangnya peluncur berhenti”.

Launcher yang bermasalah bisa membuat Android kurang stabil, bekerja lambat, pop up pesan yang sering muncul, dan lainnya. Hal ini akan sangat mengganggu pemiliknya.

Oleh karena itu, Kamu harus memperbaiki jika Kamu mengalami masalah peluncur.

Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti pada Android

Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti

Namun launcher juga bisa mengalami masalah yang tiba-tiba berhenti atau berhenti mendadak juga bisa mengalami force close atau sering disebut berhenti mendadak.

Hal ini tentu sangat mengganggu bagi pengguna ponsel android namun pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi launcher telah berhenti berhenti.

Lihat juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android

1. Nyalakan Ulang Ponsel Kamu

Ketika hp android di restart maka aplikasi yang sedang berjalan akan otomatis berhenti, sehingga ketika hp di hidupkan kembali akan dalam keadaan fresh atau seperti saat aplikasi pertama kali dibuka.

Metode ini adalah cara yang harus dilakukan, karena tidak akan menyebabkan ponsel Kamu mogok atau mengalami masalah lagi.

2. Jangan Instal Banyak Aplikasi

Setiap ponsel memiliki kapasitas yang berbeda-beda tergantung spesifikasinya masing-masing.

Jika Kamu terlalu banyak menginstal aplikasi atau tergolong orang yang suka mengoleksi aplikasi sebelum melakukan aktivitas ini.

Mohon dipahami terlebih dahulu spesifikasi hp sendiri agar hp tidak mengalami kelebihan kapasitas.

Apakah ini sangat berpengaruh? tentu saja ya, bayangkan saja jika ponsel memiliki kelebihan kapasitas tentu kinerja launcher menjadi lambat.

Juga akan mengalami masalah bisa crash atau tiba-tiba berhenti force close oleh karena itu tidak ada salahnya jika Kamu suka mengumpulkan aplikasi.

Namun alangkah baiknya sebelum melakukan aktivitas ini pahami dulu spesifikasi ponsel Kamu terlebih dahulu.

3. Hapus Data dan Cache Aplikasi

Jika Kamu menghapus data aplikasi, pengaturan dalam aplikasi akan kembali normal. Tapi dengan cara ini Kamu bisa menyiasati launcher yang force close atau tiba-tiba berhenti.

Tentu tidak menjadi masalah bukan? lebih baik kembali normal dan bisa proses lagi daripada harus berurusan dengan crash launcher atau apalah.

Metode ini sebagai berikut kami jelaskan metode menggunakan Samsung.

  • Pergi ke pengaturan
  • Kemudian pilih dan klik Manajer Aplikasi
  • Jika Kamu harus memilih dan mengklik tab Semua, mengapa Kamu harus memilih tab tersebut? Karena peluncur ponsel Android default tidak muncul di tab Unduh
  • Setelah itu silahkan cari nama launcher yang bermasalah, misalnya dengan nama launcher Samsung TouchWiz atau launcher pihak ketiga yaitu Nova Launcher.
  • Kemudian setelah langkah-langkah di atas selesai pilih dan klik Clear cache lalu Clear data.

4. Beralih dengan Peluncur Pihak Ketiga

Mengganti launcher adalah salah satu cara untuk mengatasi launcher ponsel android yang tiba-tiba berhenti.

Jika sudah diganti tapi tetap tidak ada perubahan silahkan download saja launchernya di Google Playstore.

Ada banyak sekali peluncur dengan banyak fitur dan mungkin tidak membosankan tergantung selera Kamu dan cara Kamu memilih yang sesuai dengan ponsel Kamu.

Salah satu rekomendasi yang bagus menurut kami adalah Nova Launcher karena banyak orang yang menyukai launcher tersebut.

5. Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Anda perlu tahu bahwa aplikasi yang berjalan di latar belakang menghabiskan banyak RAM.

Untuk mengatasinya silahkan cek dulu apakah banyak ya dan aplikasinya tidak penting. Kamu dapat memaksa beberapa aplikasi untuk menghentikan RAM di ponsel Kamu.

Karena RAM penuh juga dapat berdampak pada slow launcher dan tentunya dapat mempengaruhi kinerja ponsel Kamu.

Oleh karena itu saran kami jika ada aplikasi yang kurang penting sedang berjalan atau aktif harap paksa untuk berhenti jika tidak penting.

Lihat juga: Cara Mempercepat Ponsel Android

6. Pindai dengan Antivirus Tepercaya

Virus atau malware adalah program yang dirancang untuk menghancurkan.

Virus itu sendiri bisa merusak launcher sehingga kita bisa melihat launcher bisa force close, freeze, crash, atau bahkan error.

Untuk mengatasinya silahkan scan menggunakan antivirus sesuai selera Kamu dan mana yang menurut Kamu terbaik, juga terpercaya untuk rekomendasi kami sarankan menggunakan antivirus Malwarebytes Anti-Malware.

Karena antivirus ini tergolong antivirus yang memiliki performa bagus dan juga terpercaya.

7. Atur Ulang Pabrik

Cara ini merupakan cara yang cukup riskan, karena akan membuat ponsel Kamu kembali ke pengaturan pabrik atau sering disebut dengan factory research, jika Kamu melakukan cara ini ponsel Kamu akan seperti fresh kembali dari pabrik.

Semua data di memori internal akan terhapus begitu juga dengan aplikasi yang terinstal.

Jika ingin menggunakan cara ini silahkan backup terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar data-data penting tidak hilang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke pengaturan
  • Pilih dan klik Cadangkan dan setel ulang
  • Setelah itu pilih dan klik Reset data pabrik

Kemudian tunggu beberapa menit hingga proses selesai. Factory reset bisa dilakukan dengan 2 cara, cara pertama bisa melalui Setting seperti yang dijelaskan di atas dan cara kedua melalui recovery mode.

8. Perbarui/Pembaruan Firmware

Pembaruan firmware dapat digunakan untuk mengurangi bug ROM dan tidak hanya itu juga dapat digunakan untuk menyelesaikan peluncur yang ditutup paksa.

Maka dari itu untuk mengatasi launcher yang tiba-tiba berhenti dengan cara ini bisa dilakukan dan juga bisa dicoba.

Biasanya saat melakukan update/update otomatis akan melakukan perbaikan sistem, aplikasi bawaan juga akan menjadi aplikasi terbaru.

Silakan, Kamu dapat mencoba metode ini, Kamu dapat mencoba melalui ponsel Kamu secara langsung atau melalui alat-alat di PC Kamu.

Lihat juga: Cara Membuat Akun Mi

Penutup

Itulah ulasan lengkap tentang Cara Mengatasi Launcher Berhenti di Hp Android, semoga dapat membantu Kamu dalam mengatasi launcher yang berhenti di Hp Kamu.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Pikiranmu Menentukan Bagaimana Engkau Hidup, Banyak Berbaik Sangka Lebih Baik!!